Jumat, 18 Oktober 2019

Cara Mudah Menghilangkan Kapalan di Kaki

Cara Mudah Menghilangkan Kapalan di Kaki (LeventeGyori/Shutterstock)

Kulit kaki seringkali alami kapalan yang membandel serta tidak enak dilihat. Ini cara-cara gampang hilangkan kapalan di kaki.

Kalus – atau diketahui dengan kapalan – salah satu keluhan kulit kaki yang paling umum dirasakan beberapa orang dari semua umur. Type cedera yang menyakitkan serta tidak enak dilihat ini seringkali menyebabkan kecacatan kulit serta susah hilang.

Kapalan dapat ada sebab terdapatnya iritasi atau desakan yang berlangsung dengan terus-terusan di ruang kulit tersendiri dalam tempo lama. Keadaan ini dapat dikarenakan oleh kulit yang begitu kering serta kekurangan susunan lemak pada kulit, khususnya pada lanjut usia.

Rutinitas teratur yang terkait dengan kegiatan berkali-kali dapat mengakibatkan kapalan. Contohnya, menggunakan jual sepatu safety begitu sempit, menulis memakai pulpen,serta bermain gitar.

Kapalan mempunyai dua type, yakni yang mempunyai bentuk yang lebih kecil serta umumnya tumbuh dibagian atas atau samping pada jari tangan atau jari kaki. Mengenai type yang lain seringkali tampil di sisi bawah telapak kaki atau tangan.

Bagaimana tanda-tanda pada kulit alami kapalan?
Gejala-gejala bisa Kamu lihat bila kulit alami kapalan, yakni:

  1. Kulit mengeras serta tumbuh tonjolan. Kulit pada intinya elastis, tetapi akan beralih bila terserang kapalan. Ruang yang terserang akan menjadi keras serta membuat tumpukan kulit keras yang mirip tonjolan. 
  2. Kulit menebal serta kasar. Bila kulit alami kapalan, ruang itu akan alami penebalan kulit yang relevan. Penebalan pada permukaan kulit biasanya berasa keras serta berlangsung pada telapak kaki, telapak tangan, serta lutut. Tidak hanya menebal, ruang yang alami kapalan akan berasa lebih kasar dibanding kulit di sekelilingnya. 
  3. Muncul rasa ngilu di bawah kulit. Pada keadaan tersendiri, dibawah kulit yang alami kapalan akan berasa ngilu, khususnya waktu melakukan aktivitas. Contohnya, kulit kaki yang alami kapalan akan berasa ngilu bila alami gesekan dengan sepatu yang dipakai. 
  4. Ada cairan serta berasa sakit. Kapalan yang sudah alami infeksi umumnya akan berasa sakit. Diluar itu, bisa ada cairan bening atau nanah, serta dapat menebar ke ruang sekelilingnya. Jauhi untuk pecahkan kapalan sebab dapat mengakibatkan infeksi lebih berat. Bila ada keluhan ini, cepatlah ke dokter untuk mendapatkan perlakuan yang pas. 
  5. Kulit mengelupas. Kapalan yang sudah menahun satu waktu dapat mengelupas. Tetapi, umumnya kapalan akan kumat serta tumbuh kembali seperti sebelumnya. 

Langkah hilangkan kulit kapalan
Untuk hilangkan kulit kapalan, Kamu bisa lakukan beberapa panduan tersebut:

  1. Rendam di air hangat. Kerjakan ini sepanjang seputar 5-10 menit atau sampai kulit melembut. 
  2. Menggosok sisi kulit yang kapalan dengan batu apung. Pertama kali celupkan batu apung ke air hangat, dan pakai batu itu dengan lembut untuk menggosok kulit. Pakai pergerakan memutar atau menyamping untuk hilangkan sel kulit mati. 
  3. Hati-hatilah supaya tidak terkelupas kebanyakan sisi kulit terluar. Bila kebanyakan bisa mengakibatkan perdarahan serta infeksi. 
  4. Berikan losion atau cream pelembap ke wilayah itu tiap hari. Mencari losion atau cream pelembap dengan asam salisilat, amonium laktat, atau urea. Beberapa bahan ini akan menolong melunakkan kapalan dengan setahap. 
  5. Pakai bantalan atau pelapis. Membuat perlindungan kapalan dari iritasi selanjutnya sepanjang kegiatan, pakai bantalan atau seperti plester. Ini bisa kurangi gesekan serta menahan kapalan kontak langsung dengan sepatu. 
  6. Gunakan sepatu yang cocok. Salah satunya pemicu tersering kapalan ialah sepatu yang ukuran serta memiliki bentuk tidak cocok di kaki Kamu. Karena itu, pilih sepatu yang tidak longgar atau begitu sempit. 
  7. Menjaga supaya kuku kaki Kamu masih terpotong. Kuku jari kaki yang begitu panjang bisa memaksakan jari-jari kaki untuk menggerakkan sepatu Kamu ke atas. Ini bisa mengakibatkan kapalan tercipta dari sekian waktu. Untuk hilangkan desakan ini, potong kuku Kamu dengan teratur. 
  8. Sejumlah besar kapalan di kaki akan makin lama makin hilang saat Kamu bisa merawatnya secara baik dan menghindarkan gesekan atau desakan berulang-ulang. Tetapi, bila Kamu tidak meyakini dengan apa yang mengakibatkan kapalan, bila sangat terasa menyakitkan, atau bila Kamu mempunyai penyakit penyerta lain, seperti Diabetes, tanyakan dengan dokter Kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *