Senin, 08 Oktober 2018

4 Cara Menghitamkan Sepatu yang Warnanya Terlihat Pudar

Image result for 4 Cara Menghitamkan Sepatu yang Warnanya Terlihat Pudar

sepatu safety - Sepatu putih cepat kotor, tetapi sepatu hitam dapat juga menghilang. Lalu, apakah warna sepatu yang perlu Kamu pilih? Apa pun warna sepatunya, satu waktu sepatu itu dapat rusak serta warnanya akan menghilang. Namun, bila warna sepatu menghilang bertambah cepat dari yang diprediksikan, Kamu mesti lakukan beberapa langkah untuk kembalikan warna cerah sepatu itu, terpenting bila sepatu Kamu berwarna hitam.

Sepatu berwarna hitam memang tidak gampang kotor. Akan tetapi, penggunaan keseharian serta paparan debu ataupun kotoran bisa membuat warna sepatu hitam menjadi menghilang. Bacaterus akan memberi 4 langkah menghitamkan sepatu supaya warnanya kembali cerah seperti baru.

1. Semir Sepatu

Langkah menghitamkan sepatu dapat juga dikerjakan dengan memakai semir sepatu. Semir tidak cuma untuk mengilapkan sepatu, tapi juga bisa untuk kembalikan warna sepatu yang sudah menghilang. Kamu dapat beli cream semir sepatu terlebih dulu, lantas ikuti beberapa langkah menghitamkan sepatu di bawah ini:

  • Pilih semir sepatu hitam yang berupa cream atau cair. 
  • Membersihkan sepatu dengan kain terlebih dulu untuk menghilangkan debu serta kotoran yang melekat di permukaan sepatu. 
  • Terapkan semir ke semua sisi sepatu. Lalu, ratakan semir dengan sikat sejenis horsehair brush. 
  • Sesudah itu, poles serta semir pada sepatu dengan memakai kain lembut. 
  • Jemur sepatu saat beberapa saat supaya semirnya kering. Kamu ikut bisa memberikan semir lagi bila Kamu terasa warnanya masih tetap kurang pekat. 
  • Semir sepatu cuma dapat digunakan untuk menghitamkan sepatu kulit saja. Sepatu memiliki bahan kain atau beludru tidak bisa dihitamkan dengan semir sepatu sebab semirnya akan menggumpal pada serat kainnya. Cara menghitamkan sepatu dengan semir ini ialah langkah yang termudah. Kamu langsung dapat mempraktikkannya sendiri di dalam rumah bila ada sepatu kulit yang warnanya terlihat sirna. 

2. Pewarna Kain

Satu lagi langkah serta panduan menghitamkan sepatu yang dapat Kamu coba di dalam rumah, yaitu dengan memakai pewarna kain. Beli lah satu sachet pewarna kain yang murah dan meriah (seperti merk Wantex). Akan tetapi, bahan yang satu ini cuma dapat digunakan untuk menghitamkan sepatu memiliki bahan basic kain, seperti sepatu kanvas serta sepatu sekolah.

Jika Kamu telah beli pewarna kain itu, coba ikuti panduan menghitamkan sepatu dengan pewarna kain di bawah ini:

  • Pertama kali, terlepas tali sepatu yang masih tetap melekat pada sepatu yang akan dihitamkam. 
  • Bersihkan sepatu Kamu sampai bersih serta rendam sepatu di pemutih supaya warna hitamnya yang menghilang menjadi makin sirna hingga lebih gampang dihitamkan dengan bahan pewarna yang lain. 
  • Jemur sepatu sampai betul-betul kering. 
  • Setelah itu, rebus air dalam suatu panci. Saat airnya telah mulai mendidih, taburkan pewarna kain yang telah dibeli barusan ke panci. 
  • Bila warna airnya telah tampak menghitam, kecilkan api serta nantikan sampai airnya tidaklah terlalu mendidih. 
  • Masukan sepatu yang telah kering ke panci yang telah digabung dengan pewarna kain. Kami merekomendasikan Kamu untuk memakai air hangat (tidaklah terlalu panas) supaya tidak mengakibatkan kerusakan sepatu. 
  • Sesudah warna sepatu terlihat menghitam, angkat sepatu serta jemur sampai betul-betul kering. 
  • Butuh Kamu kenali jika panduan menghitamkan sepatu ini bisa beresiko mengakibatkan kerusakan material sepatu, terpenting bila sepatu tidak tahan pada suhu panas. Akan tetapi, bila type sepatu Kamu ialah sepatu kanvas, seperti Converse, jadi berbahan tidak gampang rusak walau di rendam di di air panas. 

3. Semir Rambut

Bila semir sepatu tidak cukuplah ampuh untuk menghitamkan sepatu, coba untuk memakai semir rambut. Tidak butuh beli semir rambut yang mahal, cukuplah pakai semir yang harga nya 10 – 20 ribu rupiah saja. Cara ini dapat digunakan untuk menghitamkan sepatu kanvas ataupun sneakers hitam yang warnanya telah sirna. Berikut triknya menghitamkan sepatu dengan manfaatkan semir rambut:

  • Bila sepatu mempunyai sisi yang berwarna lainnya, tutup sisi yang mempunyai warna berlainan dengan isolasi atau lakban. Namun, bila semua sisi sepatu berwarna hitam jadi Kamu langsung bisa menyemir sepatu itu. 
  • Bebaskan tali sepatu (bila ada) supaya tidak terserang cat rambut. 
  • Buat pasta dari semir rambut yang yang Kamu beli. Lalu, pakai sikat gigi sisa untuk menerapkan cat rambut ke sepatu. 
  • Jika semua sisi sepatu telah tertutup dengan warna hitam, selekasnya jemur sepatu dalam tempat yang berangin. 
  • Bagaimana bila warnanya masih sirna selesai Kamu menyemirnya dengan cat rambut? Biarlah saja sampai sepatu betul-betul kering. Masalahnya warna sepatu akan tampak hitam pekat bila cat rambutnya telah kering. 


4. Spidol Hitam
Ada beberapa langkah untuk menghitamkan sepatu yang dapat Kamu pilih, dari mulai memakai semir sepatu s/d cat rambut. Namun, bila Kamu memerlukan cara penghitaman sepatu dengan bertambah cepat, Kamu bisa memakai spidol marker hitam yang harga nya tidaklah sampai sepuluh ribu rupiah.

Cuma sepatu memiliki bahan kain serta suede saja yang dapat dihitamkan dengan memakai spidol. Sesaat type sepatu lainnya belumlah dapat dihitamkan dengan spidol hitam. Berikut langkah menghitamkan sepatu dengan spidol hitam:

  • Membersihkan sepatu yang akan dihitamkan. 
  • Pakai spidol marker hitam untuk mulai menebalkan warna sepatu hitam yang terlihat menghilang. 
  • Proses menebalkan sepatu dengan spidol mesti dengan goresan yang searah supaya akhirnya tampak lebih rapi. 
  • Sesudah proses menghitamkan sepatu ini tuntas, jemur sepatu supaya selekasnya bisa dipakai kembali. Akan tetapi, butuh Kamu garis bawahi jika spidol tidak bisa melekat dengan awet pada sepatu Kamu. Bila anak-anak seringkali menggunakan sepatunya untuk basah-basahan, jadi warna sepatunya akan menghilang. 


Panduan Mengawasi Warna Hitam Sepatu

Beberapa langkah menghitamkan sepatu diatas dapat Kamu pilih diantaranya untuk menghitamkan sepatu di dalam rumah Kamu. Tidak hanya share info tentang langkah menghitamkan sepatu, Bacaterus akan memberi panduan supaya Kamu selalu mengawasi warna hitam sepatu Kamu:

Rajin Bersihkan Sepatu
Sepatu yang hitam serta mengilap bisa Kamu punya saat Kamu rajin bersihkan sepatu. Baik sepatu berwarna hitam atau warna apa pun mesti dibikin bersih selekasnya mungkin untuk mengawasi warna sepatu supaya tidak sirna.

Semir Sepatu Satu minggu Sekali
Apa pun warna sepatu Kamu, semir sepatu ialah langkah simpel untuk menjaga sepatu supaya warnanya masih tampak jelas walau seringkali digunakan. Upayakan untuk menyemir sepatu tiap-tiap satu minggu sekali serta pilih semir hitam untuk bikin sepatu Aanda tampak seperti baru.

Tidak Menggunakan Sepatu di Tempat yang Kotor
Kegiatan keseharian kadang membuat sepatu lebih gampang ternoda. Bahkan juga, kadang kita mesti mengevaluasi tempat yang begitu kotor untuk beberapa kepentingan. Itu penyebabnya, semestinya Kamu bertukar alas kaki saat akan bertandang ke tempat yang begitu kotor.

Berikut beberapa langkah menghitamkan sepatu yang dapat Kamu coba kerjakan di dalam rumah. Walau tampak konyol, beberapa cara ini nyatanya memang sungguh ampuh kembalikan warna hitam cerah pada sepatu yang telah mulai menghilang. Datangi ikut artikel merk lem sepatu terunggul untuk tahu pilihan lem yang kuat untuk mereparasi sepatu Kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact us

Nama

Email *

Pesan *